Sabtu, 03 Januari 2015

Kamus Bahasa Korea

Saranghaeyo [Aku cinta padamu]
Sasil noel joaheyo [Sejujurnya aku mencintaimu]
Chakia [sayang]
Yoeja chingu issosso? [Apa kau punya pacar? (cewek)]
Namja chingu opsosso    [Aku tidak punya pacar (cowok)]
Buroepda [cemburu]
Jal ullyoeyo    [Serasi sekali]
Jongmal saranghae kedwae    [Aku mulai mencintainya]
Naman mido    [Percaya padaku]
Naega ittjanha    [Aku bersamamu]
Jom joahae jwobwajo    [Tak bisakah kau mencintaiku sedikit lagi]
jikyojulke    [Aku akan melindungimu]
Jigeum mannajanha    [Kita baru bertemu]
bogoshipo    [Aku merindukanmu]
Aigoo.. kwiyowo    [Ya ampunn.]
Na anbogoshipo?    [Tidakkah kau merindukanku?]
Chakhake salja    [Hiduplah berbahagia]Koejitmal    [Bohong]
Koejitmal hajima    [Jangan berbohong]
Koetjitmal anida    [Aku tidak berbohong]
Na doe saranghae    [Aku juga mencintaimu]
Je namja chingu yeyo   [ Ini adalah pacarku]Noel midoyo    [Apa kau percaya padaku?]
dangsin-i pil-yo haeyo = aku butuh kamu
dangsin-eun maeu geoman = kamu sangat sombong
naega dangsin-eul salang haja = izinkan aku mencintaimu
deo isang gwichanhgehaji anhneunda = jangan pedulikan aku lagi
naneun dangsin-i geugeos-eul haneun de joh-a hal = aku ingin kamu seperti yang dulu
naneun jilu haessda = aku bosan
naneun uliga gwaenchanh-eul hal = aku mau kita baik baik aja
naneun geojismal-eul joh-ahaji anhneunda = aku tidak suka di bohongi
nan dangsin-i neuseunhae eul chaji halyeoneun I = aku mau kamu yang mengisi kekurangan ku
Kojitmal = Bohong
Uri = Kami
Jeongmal mianhae) = Aku sangat menyesal
Sarang-i eobs-eodo = Cinta tak harus memiliki
Juuiga pil-yohan = Butuh perhatianmu
Joneun Indonesia saramiyeyo = saya orang Indonesia
dangsin-i naleul doul geos-inji = maukah kamu menolong saya
naneun seong-gongjeog-in salam-idoego sip-eo = aku ingin menjadi orang yang sukses
Ajigdo dangsin I nal salanghaji = Masihkah kau mencintaiku ?
Sigsaleul ij-ji maseyo = jangan lupa makan
Jeongmal jilu = sungguh membosankan

dasi chajgo, sigan-eul nangbihaji anhseubnida. = jangan membuang waktu melihat kebelakang
naneun chungbunhaji anh-aseo joesonghabnida. = Aku menyesal aku tidak cukup baik.
nan dangsin-i neuseunhae eul chaji halyeoneun I = aku mau kamu yang mengisi kekurangan ku
insaeng-eun chugbog-ida , seuteuleseuleul jungjihabnida = hidup adalah berkah, berhenti mengeluh
naneun uliga yejeon bangbeob eulo dol-agal su iss-eumyeon johgessda = aku berharap kita bisa seperti dulu
sanghwang-i eolyeobda haeseo pogihaji masibsio = Jangan menyerah hanya karena hal-hal sulit
geungjeongjeog in taedo neun modeun geos-eul byeonhwasikinda = sikap positif mengubah segalanya
moduneun modeun gwonlileul kkeul geos-ibnida. yagsog = semuanya akan menjadi baik. aku berjanji
dangsin-i gominhaneun sigan-i issdamyeon , dangsin-eun gido hal sigan-i = Jika kmu punya waktu untk khawatir, kmu jg punya waktu utk berdoa
na jugeul ttaekkaji saranghal geoji? = Kau akan mencintaiku sampai mati
naneun iyu eobsi geunyeo reul miweotda = Tanpa alasan aku tak suka pada gadis itu
wanbyeoghaji ,hajiman geuneun naega wonhaneun jeonbu-ibnida = Dia tidak sempurna, tapi dia yang kuinginkan
Ma-eum-e salang-e daehayeo = melawan cinta yang ada di hati
Anata ga inakute totemo sabishī. = aku kangen kamu banget.
gwageoleul nohchyeossda = rindu masalalu
nan aju haengbog haeyo = aku sangat senang
hwachanghan nalssi = cuaca yang cerah
saeng-gag-e jamgyeoissneun = termenung
Ggeutnaemot ijeum yeon = Tak bisa melupakan tentangmu
Sarang-i eobs-eodo = Cinta tak harus memiliki
ulineun cham-eulseong-iss-eul su = kita hanya bisa bersabar
Naneun seongsil hae = Aku ini setia
jiltuneun geuga ilhgo sipji anh-eun jingjoibnida = cemburu itu tanda engga mau kehilangan
nae gajog-eul wihae modeun geol = keluarga segalanya bagiku
mandeul su-issneun = apa boleh buat
geugeos-eul eod-eulyeogo = berusaha untuk mendapatkannya
Dangsin-i geuliwo = Kangen kamu
cheossarang = Cinta Pertama
dangsin-i sonsil-eul dulyeowo jiltu sudan = cemburu berati kamu takut kehilangan nya
ihae neun jisogjeog-eulo wonhaneun e geolchyeo duji anhneunda ! : ') = Ngerti dong jangan maunya dingertiin terus! :')
annyeonghi gaseyo = selamat tinggal
geue daehae saeng-gag-eul meomchul = berhenti memikirkan dia
jeongmal nae ma-eum-e hangsang = kamu yang selalu ada di hatiku
naneun jilu haessda = aku bosan -__-
naneun geojismal-eul joh-ahaji anhneunda = aku tidak suka di bohongi
dangsin-eun naega jiltu = Kamu buat aku cemburu
Chagiya / Chagi = Sayangku / Sayang
hanaui = jomblo :|
Choaheyo = Aku suka kamu
il-yoil bam = Malam Minggu
naneun seong-gongjeog-in salam-idoego sip-eo = aku ingin menjadi orang yang sukses
dangsin-eun mwohaneungeoya ? = apa yang sedang kamu lakukan ?
Jeoleul ij-ji = Lupakan aku
Nar ma-eum eul hyanghae galmang = rindu menghampiri hatiku (ʃ⌣ƪ)
nae modeun ma-eum-eulo dangsin-eul salanghabnida = aku mencintaimu dengan sepenuh hatiku
nae gajog-eul wihae modeun geol = keluarga segalanya bagiku
salang-eun aleumdaun bowan haneun gyeong-u = cinta itu indah kalau saling melengkapi
dangsin-i gwajang joh-ahaji anh-a = aku ga suka klo kamu berlebihan

dangsin-i pil-yo haeyo = aku butuh kamu
dangsin-eun maeu geoman = kamu sangat sombong
naega dangsin-eul salang haja = izinkan aku mencintaimu
deo isang gwichanhgehaji anhneunda = jangan pedulikan aku lagi
naneun dangsin-i geugeos-eul haneun de joh-a hal = aku ingin kamu seperti yang dulu
naneun jilu haessda = aku bosan
naneun uliga gwaenchanh-eul hal = aku mau kita baik baik aja
naneun geojismal-eul joh-ahaji anhneunda = aku tidak suka di bohongi
nan dangsin-i neuseunhae eul chaji halyeoneun I = aku mau kamu yang mengisi kekurangan ku
Kojitmal = Bohong
Uri = Kami
Jeongmal mianhae) = Aku sangat menyesal
Sarang-i eobs-eodo = Cinta tak harus memiliki
Juuiga pil-yohan = Butuh perhatianmu
Joneun Indonesia saramiyeyo = saya orang Indonesia
dangsin-i naleul doul geos-inji = maukah kamu menolong saya
naneun seong-gongjeog-in salam-idoego sip-eo = aku ingin menjadi orang yang sukses
Ajigdo dangsin I nal salanghaji = Masihkah kau mencintaiku ?
Sigsaleul ij-ji maseyo = jangan lupa makan
Jeongmal jilu = sungguh membosankan

(Yeoleobun moduleul geuliwo) "Kangen banget sama kamu"
(Huimang jeondal) "Semoga LULUS!"
(Naneun jiltu) "Aku cemburu"
(Dangsin-ui cheos sarang-i) "Kamu cinta pertamaku"
(Nae maeum-i bieo) "Hatiku hampa"
(Mian haeyo) "Aku minta maaf"
(Naega dangsin-eul geuliwo) "Aku merindukanmu"
(Naneun eomma leul sarang) "Aku sayang sekali sama Mama"
(Dangsin-eul wihan) "Hanya untukmu"
(Dangsin-i geuliwo) "Kangen kamu"
(Dangsin-ui taedo mam-e andeul-eo) "Aku tidak suka dengan sikapmu"
(Sarang-eul mulyolo) "Bebas untuk mencintai"
(Yeoleobun moduleul geuliwo) "Kangen banget sama kamu"
(Ij-eul su) "Susah melupakanmu"
(Dasi sarang-eul chajgo) "Cari pacar lagi"

 Aku cemburu = nan jilthuhaeyo..
Aku sdang galau = nae gibun-i anjoayo
{harfiahnya : perasaanku tidak suka/ enak /galau }..
심장 [simjang] = hati
가슴이 아파 [gaseumi apha] = hatiku sakit
또나지마 [tonajima] = jangan tinggalkan aku
마지막 [majimak] = terakhir
너를이즐수없는데 [neoreul ijeulsu eobneunde] = aku tidak bisa melupakanmu
도라와져, 제발 [dorawajyo, jebal] = kumohon kembalilah
나 를사랑해 [nareul] = mencintaiku
너를 위햇어 [neoreul wihaeseo] = untukmu
이세 상에서 [isesangeseo] = di dunia ini
(이제는) 다시 시작해 [(ijeneun) dasi sijakhae] = (sekarang) mulai lagi
우리가 [uriga] = kita
사람 [saram]= orang
세 상 [sesang] =world
내마음속에 [soge]= di dalam hatiku
Orang yang sedang sakit, 빨리 회복하세요! (palli hwebok haseyo!) artinya semoga cepat sembuh
KOSAKATA
나 (na) : aku, saya
꿈 (kkum) : mimpi
버리다 (beorida): meninggalkan, membuang,
고 (go): dan
찢다 (tchitta): menyobek, mengoyak, renggut
남루 (namru): sobek, koyak
가슴 (kaseum): hati
깊 (kiph): dalam
숙 (sok): dalam
보물 (pumul): berharga, harta
과 (gwa): dan
같다 (kat’ta): seperti, serupa, sama
간직하다 (kanjikhada): menyimpan, menjaga
혹 (hok): mungkin
누군가 (nugunga) : seseorang, siapapun
뜻(tteut) : ingin, akan, punya keinginan
모르다 (moreuda): tidak tahu
비웃음 (piuseum): mengejek, mencela, mencemooh
등 (deung): punggung
뒤에 (dwie): di belakang
흐르다 (hureuda) : mengalir
-ㄹ때 (l ttae): saat
참아 (chama) : sabar, tahan
그 (keu): itu
날 (nal): hari
늘 (neul) : selalu
걱정하다 (keokcheonghada) : khawatir, takut
말하다 (marhada): berkata
헛된 (heotteoen): tidak berguna
독 (tok): racun
이라고 (irago) : disebut
세상 (sesang) : dunia
끝 (kkeut’): akhir
정해진 (jeonghajin) : menyatakan, bercerita tentang
책 (chaek): buku
처럼 (cheoreom): seperti
이미 (imi) : sudah
돌이킬수 없는 (torik’ilsu eopneun): tidak bisa didapatkan
현실 (hyeonshil): kenyataan, fakta
그래요 (keuraeyo) : benar
키다 (jik’ida): perhatikan, lihat, menjaga
차갑 (chagap): berhati dingin
운명 (unmyeong): takdir
벽 (byeok): dinding
앞에 (aphe): didepan
마주치다 (majuchida) : melawan, menghadapi, menentang
언젠가 (eonjenga) : suatu hari nanti
그 (keu) : itu
넘기다 (neomgida) : melewati, melalui
하늘 (haneul): langit
높 (noph): tinggi
날다 (nalda): terbang
겁다(mugeopta) : berat, beban, menyulitkan
묶다 (mokkta): mengikat, menjerat
삶 (salm): kehidupan
웃다 (utda): tersenyum
함께하다 (hamkkehada): bersama-sama



Kalimat Cinta Dalam Bahasa Korea :
Aku berkata aku bisa melupakanmu tapi di hatiku aku tidak bisa melupakanmu
내가 당신을 잊을 수 있다고하지만, 내 마음에 난 당신을 잊을 수 없어 / naega dangsin-eul ijeul su issdago hajiman, nae ma-eum-e nan dangsin-eul ijeul su eobseo
saat ini hati ku cukup terluka, dan tolong jangan menambah luka itu
지금 내 마음이 충분히 상처, 그리고주십시오 상처에 추가하지 않습니다 / jigeum nae maeum i chungbunhi sangcheo , geuligo jusibsio sangcheoe chugahaji anhseubnida
Jika kau menjaganya karena kamu menyayanginya. Maka mulai sekarang aku akan menjagamu.
당신이 그녀를 사랑하기 때문에 당신은 유지합니다. 그래서 지금부터 내가 알아서 할게요. /dangsin-i geunyeoleul saranghagi ttaemun-e dangsin eun yuji habnida. geulaeseo jigeum buteo naega alaseo halgeyo .
Hidup itu berawal dr sebuah mimpi, karena sebuah mimpi membuat kita hidup
꿈은 우리가 살아하기 때문에 인생은 박사에게 꿈을 시작 /kkum eun uliga sal-a hagi ttaemun-e insaeng-eun bagsa ege kkum-eul sijag
Semoga kau bahagia bersamanya
난 니가 그와 기분 좋겠다 / nan niga geuwa gibun johgessda
aku sangat mencintaimu, tapi kau tidak pernah tahu itu
당신을 사랑하지만, 당신이 그걸 모를 / dangsin-eul sarang hajiman, dangsin-i geugeol moleul
Aku belum bisa menemukan pengganti sepertimu
나 같은 대체 찾을 수가 없었다 / na gateun daeche chajeul suga eobseossda
kau yang membuatku membencimu. aku tidak akan pernah melupakan perbuatanmu kepadaku
당신은 내가 당신을 미워했다. 당신이 나 한테 한 짓을 잊을 수가 없어요 / dangsin-eun naega dangsin-eul miwo haessda. dangsin-i na hante han jis-eul ij-eul suga eobs-eoyo
MeLupakan masa LaLu , dan Lebih mementingkan masa depan
과거를 잊어하고, 앞으로 더 많은 관련/ gwageoleul ij-eo hago, ap-eulo deo manh-eun gwanlyeon
aku mencintaimu sekarang dan selamanya
지금과 영원히 당신을 사랑/ jigeumgwa yeong-wonhi dangsin-eul sarang
Aku bahagia karena kamu tersenyum. Jadi teruslah tersenyum.
당신이 미소 때문에 전 행복 해요. 그래서 미소 유지./ dangsin-i miso ttaemun-e jeon haengbog haeyo. geulaeseo miso yuji .
mencintaimu adalah anugerah terindah bagiku
사랑은 나에게 아름다운 선물입니다/ sarangeun naege areumdaun seonmul-ibnida
Melupakanmu tidak mudah bagiku !
나에게 쉬운 일이 아닙니다 버려! / na-ege swiun il-i anibnida beolyeo!
Aku terus berusaha untuk menyukaimu tetapi itu sangat sulit bagiku
나 당신을 좋아하는 계속 시도하지만 매우 어렵/ na dangsineul johahaneun gyesog sido hajiman maeu eolyeob
aku tidak bisa menjadi kekasihmu, dengan berteman saja itu sudah cukup bagiku
나는 나를 위해 충분 단지 친구들과 함께, 연인 할 수 없습니다/ naneun naleul wihae chungbun danji chingudeulgwa hamkke , yeon-in hal su eobs-seubnida
Aku berusaha keras melupakan perasaanku. Dan berhasil.
내 감정을 잊지 열심히했습니다. 그리고했습니다./nae gamjeong-eul ij-ji yeolsimhi haessseubnida. geuligo haessseubnida
lebih baik memilih orang yang mencintai kita,,daripada memilih orang yang kita cintai ;
더 오히려 우리가 사랑하는 사람들을 선택보다 우리를 사랑하는 사람들을 선택하는 / deo ohilyeo uliga saranghaneun saramdeul eul seontaeg boda ulileul sarang haneun saramdeul eul seontaeg haneun
Aku berusaha keras melupakan perasaanku. Dan berhasil.
내 감정을 잊지 열심히했습니다. 그리고했습니다. / nae gamjeong-eul ij-ji yeolsimhi haessseubnida. geuligo haessseubnida.
Terima Kasih Karena Kamu Telah Melukai ku Berulang-ulang
dan semoga Kamu Puas
당신은 내 반복적으로 마음을 아프게하기 때문에 감사합니다
그리고 잘하면 니가 만족 해요 / dangsin-eun nae banbogjeog-eulo ma-eum-eul apeugehagi ttaemun-e gamsahamnida.
geuligo jalhamyeon niga manjog haeyo

( naneun jeo nomi mibda ) aku benci orang itu.
( naneun iyu eobsi geunyeo reul miweotda ) Tanpa alasan aku tak suka pada gadis itu. (geunam - pada pria itu)
( Nareul miweosseo cheonwado haji anhatda ) Dia membenciku bahkan nggak telepon.
( geunyeoneun yeppeujido mibjido anko geunyang pyeong beob hada ) Gadis itu tak cantik dan tak jelek amat kok, biasa2 saja .
( Naneun neoreul goun jeong miun jeongi da deureotda ) Perasaanku padamu berbaur antara cinta dan benci. ungkapan ini biasanya untuk mengungkap perasaan cinta seseorang.
( ajigdo geu saram miweoyo ? ) masihkah kau membencinya?
( neo jeongmal miweo juggesseo ! ) aku sungguh sangat benci kamu.
DAN LAIN - LAIN :
Bahasa korea "mengungkapkan apa yang kita rasakan"
- Marah : Hwaganayo.
- Sedih : Seulpeoyo.
- Senang : Gippeoyo.
- tidak senang : Bulkoaehaeyo.
- tertarik : Sinnayo.
- depresi : Uulhaeyo.
- takut : Museowoyo.
- gugup : Bulanhaeyo.
- pusing : Danghwangseureowoyo.
- bersalah : Manjokseureowoyo.
- kecewa : Silmangiyeyo.
- terkejut : Nolrawoyo.
- bahagia : Haengbokaeyo.
- tidak bahagia : Bulhaenghaeyo.
- kesepian : Godokaeyo.
- sendiri : Oerowoyo.
- tenang :Sangkoaehaeyo.
- nyaman : pyeonhaeyo.
- difitnah : Eogulhaeyo.
- malu : Bukkeureowoyo.
- sulit bernafas : dapdapaeyo.
- bosan : Jiruhaeyo.
- sakit : Apayo.

hangsang honja oeloun eobs-seubnida = sendiri itu tidak selalu kesepian
jaeng-gi = bajak
Jeoleul ij-ji = Lupakan aku
milaeneunjoh-eun bangbeob-ibnida = move adalah jalan terbaik
angsin-eun hangsang nawa hamkke issseubnida = kamu yang selalu menemaniku
naui chin-aehaneun eomeoni = aku sayang mama
naui chin-aehaneun abeoji = aku sayang papa
ulineun hamkke bogwan = kita kan terus menyatu
naui gajang chinhan chingu = sahabat yang paling baik
nae gajog-eul wihae modeun geol = keluarga segalanya bagiku
modeun geu sigan e aleumdaun geos = semuanya akan indah pada waktunya
dangsin-eun mwohaneungeoya ? = apa yang sedang kamu lakukan ?

Wiseonja = Munafik
Geojis yagsog = Janji palsu
Chung-ui = Kesetiaan
Dangsin-ui nun bol e mujigae ga issseubnida = Ada pelangi di bola matamu
Uliga gyeoljeong doeeossdaneun haepi = Bahagia itu kita yang memutuskan
Geu sigan-e aleumdaun = Indah pada waktunya
Dangsin i sum = Untukmu seluruh nafas ini
Nan dangsin-ui miso leul geuliwo = Saya rindu senyumanmu
Haeng-un-eul bil-eo yo = Semoga berhasil
Nan dasi dangsin-eul bol jigyeowo = Aku muak melihat kamu lagi
Dasi sosig-eul na hante mul-eo boji ma = Jangan pernah tanya kabarku lagi
Dangsin man-i nae ma-eum-eul aleu = Cuma kamu yang ada dihatiku
Dangsin-i wonhaneun geol malhae = Katakan saja apa yg kamu inginkan
Salang wihae ulji mal-ayo = Jangan pernah menangis krn cinta
Dô mani saranghæ = cintai aku lebih banyak

Musosig = Tidak ada kabar
Nan dangsin i pil-yo haeyo = Saya cuma butuh kamu
Hondong = Galau
Geojis huimang-eul juneun = pemberi harapan palsu
Nan niga silh-eo = Aku benci kamu
Jeoneun dangsin-i geuliwoyo = Aku kangen kamu
Dangsin-eul salang = Aku sayang kamu
Ahjussi = Paman / Om
Ahjumma = Bibi / Tante
Gwenchanha = Tidak apa-apa
Anyeo = Tidak
Yeoboseo = Hallo
Neomu yeppeo = Sangat cantik
Choaheyo = Aku suka kamu
Khamsahamnida = Terima kasih
Minhae = Maaf
Nado saranghae = Mencintaimu juga
Namjachingu = Lelaki kesayangan
Chagiya / Chagi = Sayangku / Sayang
 
 
 
 
 


Aiissh : Sialan !
Neonun : Kamu
Na halmari isseo : Aku ingin bicara padamu
Johahaeyo : Aku menyukaimu
Mu seun illiseo? : Ada masalah apa?
Molla : Biarkan / tidak tahu
Kaja : Pergi (ajakan)
Yaksokhaejwo : Berjanjilah
Dareun namjadeul : Jangan melihat pria lain
Chyeoda bojima : Jangan melihat pria lain
Jalka : Pergilah , Selamat tinggal
Johda : Aku suka
Wae irae ? : kenapa begini
Nega andwae ? : Tidak bisa kah kau denganku?
Jeongmal mianhae : Sungguh minta maaf
Dwaesseo : Tidak perlu
Gwaenchanha : Aku baik - baik saja
Gwaenchanayo? / Gwaenchanha ? : Kau baik-baik saja (karena berharap jawabannya "gwaenchanha"
Andwae : Jangan / tidak boleh
Chajatta : Aku menemukanmu
Matshida / Matshisoyo : Enak
Amasta : Sedap
Maldo andwae : Tidak mungkin
ne : Ya. / Itu benar, Tapi juga,Saya tahu. / Saya mengerti. / Ya saya disini! (ketika seseorang memanggilmu) / Saya sudah mengerti. / Ah-ha, dll
nae : aku
neo : kamu
han-gukeojokeumhalsu isseoyo : Saya hanya bisa sedikit bahasa Korea
Jeoneun Indonesia eseo wasseyo : Saya berasal dari Indonesia
Jaljinesseo ? / Jaljinesseoyo ? : Bagaimana kabarmu ?
Jeoneun jaljinesseoyo : Aku baik (jawaban dari "jaljinesseo")
Moleukesseoyo : Aku tidak tahu
Chukahae / Chukaeyo : Selamat
Yugamimnida : Maaf ( simpati )
Amuildo anieyo : Tidak apa - apa
Chunmaneyo : You're welcome
Hwaksilhaeyo : Kau yakin ?
Aniyo, gwaenchanhayo ? : Tidak, terima kasih
Munjeeopsseoyo : Tidak apa - apa
Mueoseulyo ? : Apa?
Mwo ? : Apa?
Wae andwaeyo ? : kenapa tidak?
Eodiyo : Dimana ?
Eonjeyo : Kapan ?
Saeng ili eonjeeyo : Kapan ulang tahunmu ?
Bali-e kakoisseoyo : Aku pergi ke Bali
Jasinisseoyo?  : Apa kamu nyaman?
Momjosimhaseyo  : Jaga dirimu (formal)
Ihaedoeseyo ? : Mengerti ?
Wae Ireoni ? : Kenapa kau menjadi seperti ini ?
Keo pi an johahaeyo ? : Kau tidak suka kopi?
Keo pi johahaeyo ? : Kau suka kopi?
Ne, johahaeyo : Ya, aku suka
Yogja chingu : Pacar perempuan
Namja chingu : Pacar laki - laki
Jeoneun Elisa imnida : Nama saya Elisa
Ddo bwayo : Sampai jumpa
Haeng-unelbileoyo : Semoga Berhasil
Eumsikeuljomjumunhaedo doelkkayo ? : Bisakah aku memesan sesuatu ?
Eumsikjeom : Restoran
Oedubda :  ( gelap )
Doebda :  panas –> ( cuaca )
Chubda :  dingin –>  ( cuaca )
Teugoebda :  panas –> air
Chagabda : dingin –> air
Ssada : murah
Bissada : mahal
Moelda : jauh
Gakabda : dekat
Swibda : mudah
Oeryoebda : susah
Dalda : manis
Sseuda : pahit
Cada : asin
Sida : asam
Singgoebda : hambar
Maebda : pedas
Baega bureuda : perut kenyang
Baega gopheuda : perut lapar
Mugoebda : berat
Gabyoebda : ringan
Nophda : tinggi
Natda : rendah
Jeoleuljomdowajusillaeyo ? : Bisakah kau membantuku ?
Babo : Bodoh
Arra : Aku tahu
Igo : Ini
Naneun nareul bogoshipda : Aku sangat merindukanmu
Bogoshipdago ? : Apa kau merindukanku ?
Annyeong hi - gyeseyo : Selamat jalan / Selamat tinggal ( Anda yang pergi / berpamitan )
Annyeong hi - ga seyo : Selamat jalan / Selamat tinggal ( Anda di tempat / mengucapkan pada orang lain )
Jalja : Selamat tidur
Ige mwoya  ? : Ini apa ?
Eodiseo osyeosseoyo : Kau darimana?
나도사랑해:nado saranghae  :aku juga mencintaimu
사랑해:saranghae  :aku mencintaimu
돌아와:dorawa  :datang
:naega  :aku/saya
:neo :kamu
여자:yeoja  :perempuan
남자:namja  :cowok
어디:eodi     :kemana
:nan  :saya
:geu
너무:neomu        :sangat
마마:mama         :yang mulia
:ne     :ya 
카족: Gajok        :keluarga
누나:noona         :kakak perempuan 
언니:eonni :kakak perempuan
:hyung                 :kakak cowok
오빠:oppa           :kakak cowok
아빠:appa  :ayah
아버지;abeoji  :ayah
어마:eoma :ibu
할아버지:harabeoji                :kakek
할머님:halmeonim          :nenek
앟주:ahjussi                        :paman
앟줌마:ahjumma              :bibi
동생:dongsaeng        :adik
여동생:yeodongsaeng  :adik perempuan
남동생:namdongsaeng :adik laki-laki   
사촌:sachon      :sepupu
바보:babo  :bodoh
하지만;hajiman  :tetapi
하나:hana  :satu
사랑:sarang       :cinta
사랑해:saranghae :I love you
알아요:arayo            ;kenal / mengerti
알아:ara      :mengerti (saat marah)
아라세어:araseo  :kamu mengerti?
  :ye   :ya
/왜유     :wae/waeyo  :kenapa/mengapa
아니요       :aniyo      :tidak
안돼  :andwe  :jangan
싷로  :shiro  :tidak boleh
진짜  :jinjja  ;benarkah
종말  :jongmal   :benarkah
누구서요:nuguseyo  :siapa?
누군데       :nugunde         :siapa dia?
누구야       :nuguya?!        :siapa kamu? !
약석:yaksok        :janji
가지마/카지마   :gajima/kajima     :jangan pergi
마럽외       :marebwa       :katakan kepada ku
다시  돌아외 :dasi dorawa  :kembalilah  lagi
저발:jebal   ;kumohon
모고/먹자:mogo/mokja       :makan
나도;nado  :juga
빨이:palli      ;cepat
까짜:kkajja  :ayo
어떸해?:ottokhae?        :bagaimana?
어때:ottae  :bagaimana
가요:gayo   :pergi  
고마워:Gomawo :terimakasih
카시오페아:cassiopeia : DBSK fanclub
보고싶어:bogosipo : i miss you
믿어요 :mideyo : aku percaya padamu
예쁘다:yeppoda : cantik
아름담다:arumdamda :indah
가수:kaso :penyanyi
배우:baeo :actor
동방신기: dongbangsinki :DBSK
제와제:JYJ
바다 :bada :laut
:sin : gunung
멋지:metji : good
저기:yogi      ;itu
이거뭐예야:ige mwoya?  :apa ini?
:mwo          :apa
아포/아파:apo/apa         :sakit
아내;anae  :istri
남패언:nampyeon  :suami
친구:chingu        :teman
여자친구:yeoja chingu        :pacar cewek
남자친구:namja chingu       :pacar cowok
미안; mian :maaf
미안해:mianhae      :maaf  kan  aku
홈니다:chushomnida   :saya minta maaf
캄사함니다 ; kamsahamnida   ;terimakasih (formal)
캄사해요:kamsahaeyo        ;terimakasih banyak (formal)
고마워:gomawo      :terimakasih(in-formal)
고맢따:gomapta    :terimakasih (in-formal)
아기:agi      ;bayi  
차기:chagi :sayang / bayi
맛히따:mashita      :lezat
안녕하세요:annyeonghaseyo  :ucapan salam
선생님:seosangnim       :guru
캉뜽님:kangteungnim   :direktur
의사:euisa :dokter
허배:hoobae      :adik kelas /junior
순배:sunbae      :senior/kkak kls
일어나:ireona :bangun
지내세요:jal  jinaeseo  :apa kabar
안녕히계세요:annyeonghigyeseo :selamat tinggal
이름이뮈예요:ireumi mwoyeyo    :siapa namamu
이름은….임니다:jae ireumeun….-imnida  : nama saya….
만나서  반갚슴니다:mannaseo banggapsumnida :senang         berkenalan dengan anda.
저는대학생이에요:jeoneun daehaksaengieyo                 :saya seorang mahasiswa
초등학교:chodeunghakkyo                   :SD
중학교:junghakkyo         :SMP
고등학교:godeunghakkyo  :SMA
:yeol :10
여보세요:yeoboseyo   :halo(dalam telfon)  



Vocal (모음)
Bentuk Huruf   Nama huruf        bunyi
(a) a
(ya) ya
(eo) o
(yeo) yo
(o) O
(yo) Yo
(u) U
(yu) Yu
(eu) Eu
(i) I
dalam bahasa korea ada perbedaan antara huruf ‘’ (eo) dan ‘’(o).huruf ‘’ (eo) dibunyikan dengan posisi mulut yang terbuka seperti akan melafalkan huruf ‘a’ sedangkan huruf ‘’(o) dilafalkan dengan posisi bibir yang memudar. 
Vocal gabungan
Bentuk huruf Nama huruf Bunyi
( + ) (ae) E
( + ) (yae) Ye
( + ) (e) E
( + ) (ye) Ye
( + ) (wa) Wa
( + +) (wae) We
( + ) (oe) We
( +) (wo) Wo
( + + ) (we) We
( + ) (wi) Wi
( + ) (eui) E,i

Dalam vocal gabungan terdapat beberapa huruf yang memiliki kesamaan dalam pengucapannya.beberapa huruf yang mempunyai kesamaan dalam pengucapannya adalah (yae) dan (ye) yang sama-sama dilafalkan ‘ye’. Serta (wae). Dan (we) yang sama-sama dilafalkan ‘we’.




Konsonan (자음)
Bentuk huruf Nama huruf Bunyi
기역(gi – yeok) G
니은(ni – eun) N
디귿(di – geut) D
리을(ri – eul) R
미음(mi – eum) M
비읍(bi –eub) B
시옷(si – eot) S
이응(I – eung) -ng
지읒(ji – euj) J
치읓(chi – euch) Ch
키읔(khi-eukh) Kh
티읕(thi- euth) Th
피읖(phi – euph) Ph
히읗(hi – eut) h

Konsonan gabungan
Bentuk huruf Nama huruf Bunyi
쌍기윽(ssesang gi yeok) K
쌍디읃(ssesang di eud) T
쌍비읍(ssesang bi eub) P
쌍시읏(ssesang si yeot) Ss
쌍지읒(ssesang ji eut) c
Konsonan akhir
Hangeul konsonan akhir bunyi
-ng




-t






-k



-p

-m




-i



-n
  
ANGKA KOREA

1 2 3 4 5
하나
hana

dul

set

net
다셋
Taseot
6 7 8 9 10
여셋
yeoseot
일곱
ilgop
여덟
Yeodol
아흡
ahop

Yeol
11 12 13 14 15
열하나
yeorhana
열둘
yeoldul
열셋
Yeol set
열넷
Yeol net
열다셋
Yeol taseot
16 17 18 19 20
열여셋
Yeol yeoseot
열일곱
Yeol ilgop
열여덣
Yeol yeodol
열아흡
Yeol ahop
스물
seumul
  
SINO KOREA

Nama. satuan contoh
Bab (kwa) 1(bab 1)
Bulan (wol) 2(februari)
Bulan (durasi) 개웥(kaewol) 3개웥(3 bulan)
Detik (cho) 4(4 detik)
Hari (durasi) (il) 5(5 hari)
Lantai (tingkat) (cheung) 6(6 lantai)
Mata uang (won) 1.000(1.000 won)
Menit (bun) 7(7 menit)
Minggu 주일(juil) 8주일(8 minggu)
Nomor (beon) 9(nomor  9)
Porsi 인분(inbun) 10인분(10 porsi)
Tahun (nyeon) 2012(tahun 2012)
Tahun (durasi) (nyeon) 5(5 tahun)
tanggal (il) 7(tanggal 7)


1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Il

I

Sam

Sa

O

Yuk

Chil

Phal

Ku

Ship
Korea asli

Satuan Contoh
Benda (umum) (kae) 4
Botol (byeong) 5
Buku (kwon) 3
Bulan (durasi) (tal) 5
Bunga 속이(sogi) 1
Cangkir (jan) 7
Hewan 마리(mari) 4
jam (si) 9
Jam (durasi) 시간(sigan) 2
Lembar (jang) 6
Mangkuk/piring 그릇(keureut) 3
Orang ,사람,(myeong,
Saram,bun)
5
Pakaian (beol) 1
Sepatu/kaos kaki 켤레(khyolle) 8
Umur (sal) 9

KEBUDAYAAN

Saat mebyebutkan nama seseorang adalah sopan jika diakhir nama digunakan sebutan _(ssi)_yang dapat berarti Tuan,Nyonya,atau Nona
     Nama orang korea terdiri atas 2 suku kata.yang pertama adalah nama keluarga dan yang ke dua adalah nama asli mereka.misalnya seseorang yang bernama kim nana (나나),berarti, dia berasal dari keluarga kim () dan nama dia yang sesungguhnya adalah nana (나나). Nama marga keluarga di korea terdiri dari kim () , lee () , park () , choi () , dan Han (). 
 
Untuk memanggil kakak ada perbedaannya lho…untuk adik perempuan memanggil kakak perempuan dengan sebutan EONNI,saedangkan adik laki-laki memanggil kakak perempuannya dengan sebutan NOONA..
       Jika untuk adik perempuan untuk memanggil kakak laki-laki menggunakan OPPA,sedangkan dik laki-laki memanggil kakak laki-laki menggunakan HYUNG.

     Di korea untuk menghitung jumlah usia mereka sanggatlah berbeda dari Negara lainnya.di korea cara menghitung usia seseorang adalah tahun tahun sekarang di kurangi tahun lahir,kemudian dikurangi 1 tahun. Contohnya seseorang yang lahir di tahun 1998 secara umum mereka berumur 13 tahun di tahun 2012 ini,namun jika dihitung berdasarkan cara orong korea,ia sudah berumur 14 tahun.

    Di korea,orang yang lebih tua memanggil orang yg lebih muda (dalam hubungan yang akrab) mereka menambahkan dengan kata – (ya) , - (a) , atau – (i). jika belum terlalu akrab mereka menambahkan kata – (ssi). Untuk pasangan suami istri,mereka jarang menyebut nama satu sama lain,melainkan menggunakan kata 여보 (yeobo) yang artinya sayang .

Salah satu makanan korea yang taka sing adalah kimchi (김치) yaitu lauk pauk yang sering digunakan untuk menu sarapan.
       Ada beberapa cara saat makan yang berlaku di Negara gingseng ini,yaitu saat makan dengan orang yang lebih tua,kita tidak boleh makan , mengambil makan , menyuapkan makanan ke mulut sebelum orang yang lebih tua yang melakukannya.saat ingin minum,tubuh di kesampingkan atau kita tidak boleh berhadapan dengan orang yang lebih tua.bahkan saat selesai makan kita tidak boleh berdiri terlebih dahulu sebelum orang yang lebih tua. Saat memberi hormat, berterimakasih kita haur menundukkan badan (membungkuk)sebagai rasa hormat.semakin menunduk,berarti seman menghormti orang yang lebih tua. 



2 komentar :

toto malaysia mengatakan...

erimakasih banyak saya ucapkan kepada MBAH JAMBRONG
atas bantuannya yang telah memberikan saya angka jitunya yaitu "4d" kemarin alhamdulillah saya berhasil,berkat bantuan MBAHI saya suda bisa melunasi semua Hutang2 saya di BANK bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi anda ingin seperti saya silahkan HUBUNGI(_0_8_2_3_4_7_2_6_7_7_8_9).
Atau Klik http://www.totomalaysia.net/ ritual MBAH JAMBRONG..

toto malaysia mengatakan...

erimakasih banyak saya ucapkan kepada MBAH JAMBRONG
atas bantuannya yang telah memberikan saya angka jitunya yaitu "4d" kemarin alhamdulillah saya berhasil,berkat bantuan MBAHI saya suda bisa melunasi semua Hutang2 saya di BANK bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi anda ingin seperti saya silahkan HUBUNGI(_0_8_5_2_5_6_0_0_4_3_4_5).
Atau Klik http://www.totomalaysia.net/ ritual MBAH JAMBRONG..